Melayani Sepenuh Hati, Mahasiswa UIN Imam Bonjol Bangga Bisa Layani Jemaah Haji Lansia

Padang – Pelayanan Haji tahun 2024 mengusung tema “Haji Ramah Lansia”. Berbagai inovasi dilaksanakan oleh UPT Asrama Haji Embarkasi Padang guna memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah lansia dan risiko tinggi (risti). Salah satunya dengan membentuk petugas khusus untuk menangani dan melayani jemaah lansia dan risti tersebut.

Memperkuat tim petugas Haji Ramah Lansia, UPT Asrama Haji Embarkasi Padang menjalin kerja sama dengan UIN Imam Bonjol Padang yang memberikan ruang praktek kerja lapangan bagi mahasiswa dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang selama musim haji berlangsung. Kolaborasi ini bertujuan untuk memastikan jemaah lansia mendapatkan pelayanan yang optimal dan penuh perhatian.

Sebanyak 10 mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang diberikan kepercayaan untuk memberikan pelayanan kepada jemaah lansia selama berada di Asrama Haji. Tugas ini bukan hanya sebagai bentuk praktek kerja lapangan, tetapi juga sebagai pengabdian dan bentuk kepedulian kepada para tamu Allah yang sedang bersiap untuk menjalankan ibadah haji.

Satria, salah satu mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang, mengungkapkan rasa bangganya dalam memberikan pelayanan kepada para jemaah.

“Kami merasa terhormat bisa melayani tamu Allah. Ini adalah pengalaman berharga dan penuh makna bagi kami,” ujar Satria dengan penuh semangat.

Ia menambahkan bahwa pengalaman ini memberinya pelajaran berharga tentang kepedulian dan tanggung jawab.

“Kami belajar banyak tentang kesabaran dan empati, terutama saat membantu jemaah lansia yang membutuhkan perhatian lebih.” Jelas Satria.

Mahasiswa lainnya, Fadila, juga merasakan hal yang sama. “Melayani jemaah lansia membuat saya lebih menghargai pentingnya pelayanan yang tulus. Kami bukan hanya membantu secara fisik, tapi juga memberikan dukungan moral dan spiritual,” ujar Fadila.

Ia berharap pengalaman ini dapat membekali dirinya dengan keterampilan yang berguna di masa depan, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional.

10 orang mahasiswa FDIK UIN Imam Bonjol Padang ini yaitu, Bunga Savira, Fadila Ramadani, Hendra, Rafi Ramad Syaputra dan Chindi Eltari dari jurusan Manajemen Dakwan. Elisa Fransiska dan Anggini Suwardianti dari jurusan Bimbingan Konseling Islam, Nofri Rahmad Hidayat dan Satria Verchelino dari jurusan Pengembangan Masyarakat Islam serta Muhiyidin dari jurusan Komunikasi Penyiaran Islam.

H. Syaiful Hak, selaku Pelaksana Harian Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Padang, juga menyampaikan apresiasi atas ketulusan dan rasa tanggung jawab yang dimiliki oleh seluruh mahasiswa dalam melayani jemaah di Asrama Haji Padang.

“Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa UIN Imam Bonjol yang telah menunjukkan dedikasi luar biasa dalam melayani jemaah lansia. Kerja sama ini sangat membantu kami dalam memberikan pelayanan yang maksimal,” kata H. Syaiful Hak.

Para mahasiswa diberikan tanggung jawab khusus untuk membantu jemaah lansia dan risiko tinggi selama berada di Asrama Haji Padang. Mereka bertugas memastikan jemaah mendapatkan semua layanan yang dibutuhkan, mulai dari pendampingan di aula kedatangan hingga bantuan mobilitas selama di Asrama Haji Padang.

Selain itu, mahasiswa juga membantu dalam memberikan informasi yang diperlukan jemaah dan cara menggunakan fasilitas yang tersedia di Asrama Haji. Dengan pelayanan yang ramah dan penuh perhatian, para mahasiswa berusaha membuat jemaah lansia merasa nyaman dan aman selama berada di Asrama Haji.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari upaya UPT Asrama Haji Embarkasi Padang untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan haji, khususnya bagi jemaah lansia dan risti. Dengan adanya bantuan dari mahasiswa UIN Imam Bonjol, diharapkan jemaah dapat menjalankan ibadah haji dengan lebih tenang dan khusyuk.

“Kami berharap kerjasama ini terus berlanjut dan semakin banyak mahasiswa yang terlibat dalam pelayanan haji di masa mendatang. Ini bukan hanya memberikan manfaat bagi jemaah, tetapi juga bagi mahasiswa itu sendiri dalam mengasah keterampilan dan menumbuhkan rasa empati,” tutup H. Syaiful Hak.

Dengan semangat dan komitmen yang tinggi dari seluruh petugas, termasuk para mahasiswa, UPT Asrama Haji Embarkasi Padang bertekad untuk mewujudkan pelayanan “Haji Ramah Lansia” yang benar-benar memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para jemaah lansia. (HumPro)

Read Previous

Langsung berpakaian Ihram, CJH Kloter 10 Embarkasi Padang Bertolak Menuju Jeddah

Read Next

163 Jemaah Lansia Kloter 13 Menikmati Pelayanan Jalur Fast Track di Embarkasi Padang

Open Chat WhatsApps
Klik, Untuk Chat Langsung
WhatsApps
Hallo, untuk pemesanan kamar dapat langsung menghubungi kami dengan cara mengklik "Open Chat WhatsApps" dibawah